Jumat, 22 Juli 2011

Social Media Semakin Berkibar Setiap Tahunnya


Corporate Image Award 2011 di Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (8/6) malamCorporate Image Award 2011 di Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (8/6) malam
MARKETING, Jakarta – Social Media semakin berkibar di tahun 2011 sebagai media alternatif bagi perusahaan yang akan membangun merek produk atau citra perusahaan yang kuat. Perusahaan-perusahaan global sudah mulai menyadari hal ini dan melakukan perencanaan detil untuk menggunakan kekuatan social media guna membangun citra perusahaan.
“Kemampuan social media dalam menyebarkan informasi yang sangat cepat karena proses viral sangat mencengangkan. Ini jelas membawa tantangan baru bagi setiap perusahaan. Pimpinan puncak memerlukan mind-set yang baru menghadapi hal ini,” ungkap Handi Irawan, Chairmain Frontier consulting Group dalam presentasinya di malam penghargaan Corporate Image Award 2011 yang berlangsung di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan Jakarta, Rabu (8/6) malam.
Dijelaskan, hasil survei Corporate Image Index tahun 2011 dari Frontier Consulting Group menunjukan fenomena ini. Saat ini, masyarakat semakin memiliki banyak informasi. Mereka semakin mudah mendapatkan informasi, terutama melalui media digital seperti Facebook, You Tube dan Twitter. Sepanjang tahun 2010 hingga kuatal pertama tahun 2011 ini, masyarakat mulai memiliki persepsi yang berbeda terhadap citra perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia.
Menurutnya, kehebatan social media adalah kemampuan pelanggan yang terlibat aktif dalam membuat content. Proses seperti ini, biasanya disebut dengan customer generated content. Proses seperti ini, biasanya disebut dengan customer generated content. Pada tahapan ini, perusahaan mulai kehilangan kendali terhadap media. Namun disisi lain, perusahaan memiliki kesempatan untuk lebih melibatkan pelanggan dan menggunakan pelanggan menjadi endorser yang positif.
“Bagi para CEO, pesannya jelas. Perusahaan harus membangun budaya untuk semakin terbuka dan semakin dekat dengan para pelanggannya. Social media akan membuat perusahaan semakin transparan dan mudah dimonitor,” paparnya. (Harry Tanoso/Majalah MARKETING)

Creative Sales

0 komentar:

Poskan Komentar

Isi Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More